Kamis, 11 November 2010

Kesehatan Rambut

Rambut indah dan sehat tentu merupakan dambaan setiap wanita. Sayangnya karena berbagai unsur baik dari dalam maupun dari luar beresiko membuat rambut jadi berkurang keindahannya. Lantas apa saja yang perlu dilakukan untuk melindungi kesehatan rambut? Ini dia tipsnya..

Sinar matahari yang mengandung ultra violet bukan hanya merupakan musuh dari kulit wajah saja, namun bisa juga merusak keindahan rambut kita. Oleh karena itulah sama halnya dengan kulit, rambut kita pun butuh perawatan agar selalu nampak sehat dan indah berkilau.

Paparan sinar langsung, angin, udara panas dapat mengakibatkan rambut kita menjadi rusak, kusam, pecah-pecah, kering bahkan rontok. Untuk mendapatkan yang sehat, indah dan berkilau lakukan perawatan secara optimal dan berkala. Oleh sebab itu berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keindahan rambut Anda.
1. Bila Anda keluar rumah antara pukul 9 pagi hingga 4 sore, pakailah topi atau payung, sekalipun cuaca mendung, sebab paparan sinar matahari tetap ada. Jika Anda harus beraktivitas, pilihlah tempat yang teduh.

2. Setelah berenang di laut atau di kolam renang, segeralah cuci rambut Anda. Kemudian setelah itu pakailah conditioner karena kaporit dan garam bisa menyebabkan rambut menjadi kering atau pecah. Cobalah untuk memakai leave in conditioner yang mengandung UV absorber.

3. Gantilah kelembaban alami rambut yang hilang dengan menggunakan masker rambut sehabis keramas, sebelum memakai conditioner.

4. Sehabis keramas, gunakan sisir bergigi jarang untuk merapikan rambut yang basah, menyisirnya dari ujung rambut, perlahan-lahan meningkat ke atas.

5. Kurangi pemakaian hair dryer agar rambut tidak kering tetapi bila memang Anda harus buru-buru dan harus memakai hair dryer, usahakan agar jaraknya tidak terlalu dekat dengan rambut.

6. Bila rambut Anda panjang, pakailah conditioner dengan kelembaban yang cukup secara teratur, karena kandungan nutrisi dan pelembab dalam conditioner dapat memberi perawatan secara maksimal hingga ke ujung rambut.

7. Potong rambut secara teratur, setiap 3 bulan sekali agar ujung-ujung rambut tetap sehat, tidak bercabang, pecah-pecah atau kering.

8. Saat musim panas, rambut biasanya lebih sering rontok. Oleh karena itu pakailah produk pencegah rambut rontok. Lakukan creambath di salon atau di rumah Anda sebulan sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar