Kamis, 11 November 2010

Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ tubuh kita yang penting, yang berfungsi untuk menjaga agar darah tetap bersih dan seimbang secara kimiawi.
Penyebab Kegagalan Ginjal

Kegagalan fungsi ginjal (gagal ginjal) yang mencapai di bawah 25%, akan menyebabkan kita mengalami masalah kesehatan yang berat. Bila turun hingga 10-15%, kita tidak akan dapat bertahan hidup lama lagi kecuali mendapatkan suatu bentuk terapi pengganti ginjal – dialisis atau pencangkokan.

Penyakit ginjal yang sering terjadi biasanya adalah karena terjadinya kerusakan pada nefron, di mana dia kehilangan kemampuannya untuk menyaring. Dua penyebab utama penyakit ginjal adalah diabetes dan tekanan darah tinggi, disamping juga ada kemungkinan faktor keturunan. Perlu diperhatikan juga, bahwa seringnya penggunaan obat-obatan, terutama yang menggabungkan aspirin, asetaminofen, dan obat lain seperti ibuprofen ditemukan paling berbahaya untuk ginjal. Oleh sebab itu jika terpaksa kita harus sering mengkonsumsi obat penawar nyeri, sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter untuk memastikan bahwa tidak berisiko untuk ginjal kita.
Tanda-tanda Penyakit Ginjal

* Pada stadium awal biasanya tidak terdapat gejala sama sekali.

* Pada stadium yang lebih berat, terjadi peningkatan atau penurunan frekuensi buang air kecil

* Merasa lemas, mengantuk atau gatal

* Kesulitan dalam konsentrasi

* Kehilangan nafsu makan, mual ataupun muntah

* Pembengkakan Tangan dan kaki, atau terjadi mati rasa

* Kulit dapat berubah warna menjadi lebih gelap.

Tips dan Penanganan Penyakit Ginjal (Gagal Ginjal)

Sayangnya, penyakit ginjal kronis sering tidak dapat disembuhkan. Tetapi bila kita pada stadium awal penyakit ginjal, kita mungkin dapat menahan fungsi ginjal lebih lama dengan mengambil beberapa langkah tertentu.

* Usahakan untuk mengurangi resiko terkena serangan jantung, stroke, dan diabetes.

* Diabetes: Untuk penderita diabetes, awasi dan kendalikan tingkat glukosa dalam darah secara ketat. Bahas pengobatan terkini dengan dokter.

* Hindari obat penawar nyeri yang dapat memperburuk penyakit ginjal. Konsultasikan dengan dokter sebelum mulai mengkonsumsi obat atau jamu apa pun.

* Tekanan Darah: Orang dengan fungsi ginjal yang rendah harus mengendalikan tekanan darah. Penghambat ACE atau ARB harus termasuk dalam agenda pengobatannya. Obat diuretik adalah tambahan penting pada penghambat ACE atau ARB.

* Diet: Penderita gagal ginjal harus sadar bahwa beberapa bagian dari diet yang normal dapat memperburuk keadaan.

* Protein: Beberapa dokter mengusulkan pasien untuk membatasi jumlah protein yang dikonsumsi agar pekerjaan ginjalnya dikurangi. Namun demikian karena protein merupakan unsur penting untuk tubuh kita, maka perlu dikonsultasikan dengan ahli gizi untuk mendapatkan pola makan yang tepat.

* Kolesterol: Kurangi konsumsi makanan tinggi lemak.

* Merokok: Hentikan kebiasaan merokok.

* Zat natrium: adalah bahan kimia yang ditemukan pada garam dan makanan lain. Hindari makanan yang mengandung tingkat natrium yang tinggi.

* Zat kalium: adalah mineral terdapat pada banyak buah dan sayuran, seperti jeruk, kentang, pisang, buncis kering dan kacang. Ginjal yang sakit mungkin tidak berhasil menghilangkan kalium yang berlebih, di mana hal ini dapat mempengaruhi denyut jantung.

* Anemia: Ginjal yang sehat membuat hormon EPO, yang merangsang tulang untuk membuat sel darah merah, sedangkan ginjal yang sakit mungkin tidak mampu membuat EPO dalam jumlah yang cukup, sehingga penderita mungkin membutuhkan suntikan EPO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar